oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Jumat, 19 November 2010

Usia 35 ke Atas Rentan
Kena Kanker Payudara

RADAR BENGKULU – Penyakit yang sangat berbahaya dan sering diderita perempuan adalah ca mamae atau yang lebih dikenal dengan penyakit kanker payudara. Penyakit ini merupakan penyebab kematian bagi wanita yang kedua tertinggi setelah ca serviks atau kanker rahim. Usia rentan yang terkena penyakit kanker payudara adalah umur 35 tahun ke atas.
Menurut dr. Amir Rahman, Sp.B, penyakit kanker payudara bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Faktor yang bisa membuat hormon tidak seimbang dari makanan. Oleh karena itu, sebagai konsumen hendaknya bisa membedakan makanan yang sehat serta tidak mengandung zat kimia. Seperti bahan pengawet, zat pewarna, serta memperhatikan tempat makanan tersebut.
“Banyak orang hanya menilai makanan itu asal enaknya saja, tanpa sadar bahwa makanan tersebut sangat berbahaya untuk tubuh. Contoh kecil saja, ketika makanan dalam keadaan panas di bungkus dalam plastik sangat berbahaya. Karena melelehnya plastik tersebut bisa mengakibatkan kanker payudara,” kata Amir kepada Radar Bengkulu, Kamis (18/11).
Ditambahkan Amir, kalau dilihat dari jenis makanan yang banyak mengandung bahan pengawet di kalangan masyarakat usia rentan terkena kanker payudara bisa saja berubah. Bisa saja usia remaja yang banyak menderita penyakit ini, umurnya berkisar dari umur 18 tahun ke atas. “Saya sudah pernah mengoperasi penderita kanker payudara yang masih berumur 18 tahun dan masih gadis juga. Kalau menurut pola makan seperti anak remaja sekarang tidak menutup kemungkinan nanti kebanyakan penderita kanker payudara adalah remaja,” jelas Amir.
Dokter jebolan USU ini menjelaskan, ada 4 stadium untuk tingkatan penyakit kanker payudara. Untuk penderita yang masih menderita stadium 1 harapan untuk hidup masih sangat besar dan harus segera melakukan operasi. Namun yang paling berbahaya adalah penderita stadium 4, karena tujuan operasinya untuk menyambung hidup.
“Sebenarnya kalau sudah terkena kanker harus dioperasi. Yang membedakannya adalah setiap stadium memiliki tujuan yang berbeda. Kalau masih stadium 1,2 untuk mempertahankan hidupnya, sedangkan stadium 3 dan 4 untuk kenyamanan oleh pasien itu sendiri. Misalnya pembersihan nanah dan bau yang dikeluarkan oleh kanker tersebut,” papar Amir.
Sedangkan untuk penyembuhan kanker payudara tidak harus lewat operasi, melainkan bisa dengan mengkonsumsi secara rutin obat anti kanker dan radiasi. “Tapi itulah kendalanya rumah sakit di Bengkulu ini, belum ada yang memiliki alat radiasi. Padahal alat tersebut sangat dibutuhkan oleh pihak rumah sakit untuk membantu penderita kanker,” kata Amir.
Untuk menghindari dari penyakit yang berbahaya, hendaknya kesadaran kesehatan itu berasal dari diri sendiri. “Sebagai konsumen pandailah membedakan mana makanan yang mengandung zat kimia serta yang tidak mengandung zat kimia. Karena dari makanan yang setiap hari kita konsumsi kunci kesehatan kita,” pesan Amir. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar