oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Jumat, 26 November 2010

Stres Pengaruhi Menstruasi

RADAR BENGKULU – Menstruasi rutin terjadi terhadap wanita dewasa, namun ada beberapa faktor menstruasi tidak teratur. Sebab, normal menstruasi pada wanita dewasa adalah per 28 hari dengan lama 4 atau 5 hari. “Namun kalau menstruasi per 24 atau per 30 hari tetap masih normal dan paling lama menstruasi 1 minggu juga masih bisa dikatakan normal. Kalau di bawah atau lewat dari ketentuan tersebut baru bisa dikatakan telat atau bermasalah,” kata dr. R.A Yeni Warningsih kepada Radar Bengkulu, Jumat (26/11).
Yeni mengatakan, faktor utama yang sangat mempengaruhi tidak teraturnya menstruasi adalah faktor pikiran, yaitu stres. Stres yang dimaksud disini adalah karena terlalu banyak pikiran bisa berupa faktor pekerjaan, kehidupan, ataupun masalah pribadinya. Selain sifat stres, kekurangan nutrisi atau vitamin juga berpengaruh terhadap menstruasi yang tidak teratur.
“Adanya menstruasi yang tidak teratur karena ketidakseimbangan hormon, sebab hormon tersebut diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu,” jelas Yeni.
Menstruasi, lanjutnya, merupakan pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulan, kecuali pada saat kehamilan. Dan untuk zaman sekarang, perempuan yang telah berusia 9 tahun sudah mengalami menstruasi. Ini karena faktor makanan yang dikonsumsinya. “Kalau zaman dulu jarang kita temui perempuan 9 tahun sudah menstruasi, tapi kalau sekarang sudah banyak. Ini karena kehidupan anak-anak sekarang yang serba modern, karena dengan banyaknya variasi makanan yang dikonsumsinya mempercepat kerja hormon dalam tubuhnya,” tambah Yeni.
Yeni menjelaskan bahwa menstruasi yang berkepanjangan lebih berbahaya daripada menstruasi yang singkat. Sebab, pada menstruasi yang panjang harus segera diperiksa. Karena, akan bisa memunculkan penyakit lain. Seperti tumor bahkan kanker rahim. “Kalau mens yang sebentar mungkin bisa pengaruh stres atau pola makan, jadi tidak terlalu penting untuk dicemaskan,” kata Yeni.
Sedangkan menstruasi akan berhenti untuk wanita normal yang biasa dikenal dengan menopause biasanya terjadi sekitar usia 45-55 tahun. Untuk menghindari menstruasi yang tidak teratur seharusnya jalani hidup ini dengan santai tapi tetap memperhatikan nutrisi dan olahraga yang seimbang. “Jauhkanlah sifat stres agar hormon dalam tubuh kita dapat bekerja secara normal,” pesan Yeni. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar