oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Rabu, 17 November 2010

Biaya Transplantasi Ginjal capai Rp. 500 Juta

RADAR BENGKULU – Bagi penderita penyakit gagal ginjal kronis hanya memiliki dua pilihan, yakni dengan melakukan hemodialisis atau cuci darah dan trasplantasi ginjal atau pencangkokan ginjal dengan melalui prosedur pembedahan.
“Tapi butuh biaya yang sangat besar untuk melakukan operasi cangkok ginjal, akan memakan biaya berkisar Rp 500 juta,” kata dr. Zaini Dahlan, SpPD kepada Radar Bengkulu.
Ditambahkan Zaini, untuk pencangkokan ginjal tidak semua orang bisa. Karena harus terlebih dahulu kesehatannya seperti tidak menderita penyakit kanker, infeksi yang serius. “Kalau si pendonor ginjal juga mengalami penyakit yang serius maka kegagalan pencangkokan bisa lebih tinggi,” katanya.
Pasca transplantasi ginjal kemungkinan akan terjadi reaksi tubuh untuk menolak benda asing tersebut, karena ginjal yang di pasang itu punya orang lain. Oleh karena itu untuk menghindari reaksi penolakan tersebut, maka pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obat anti rejeksi. Karena obat tersebut mampu bekerja dengan menekan system imun tubuh sehingga mengurangi risiko reaksi penolakan terhadap ginjal cangkokan.
Mengingat resiko penyakit gagal ginjal sangat berbahaya, sebaiknya dari dini menjaga kesehatan tubuh. “karena kalau sudah masuk gagal ginjal kronis atau stadium lima harus mengadakan cuci darah atau cangkok ginjal. Sementara biaya dua pilihan tersebut sama-sama mahal. Oleh karena itu biasakanlah untuk hidup sehat dan seimbang,” papar mantan direktur RSUD M. Yunus Bengkulu ini. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar