oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Senin, 22 November 2010

Kelurahan Kandang

Tonjolkan Budidaya Ikan

RADAR BENGKULU – Kelurahan Kandang yang mempunyai luas 187 hekatre menonjolkan bidang budidaya ikan. Pembudidayaan ikan ini mulai dari penetasan hingga pembibitan. Masyarakat memiliki mata pencarian yang bervariasi. Selain petani ikan ada juga yang berprofesi sebagai petani sayur, pegawai negeri sipil serta pedagang.
“Tidak hanya para pembibit ikan saja yang mempunyai kelompok, ada juga kelompok tani dan kelompok pedagang kecil,” kata Lurah Kandang, Baheramsyah, SE kepada Radar Bengkulu, Senin (22/11).
Kelurahan Kandang memiliki 20 RT dan 4 RW, dengan jumlah kepala keluarga mencapai 5 ribu KK. Mayoritas penduduk pendatang yang terdiri dari berbagai macam suku baik yang berasal dari luar Kota maupun luar Provinsi Bengkulu.
“Untuk penduduk asli (suku Lembak) tinggal sedikit hanya ada di 2 RT saja,” tambah Baheramsyah.
Untuk meningkatkan kekeluargaan sesama warga, oleh RT selalu melaksanakan kegiatan rutin berupa gotong royong untuk kebersihan lingkungan. Gotong royong biasanya dilaksanakan sekali dalam sebulan. Tidak hanya gotong royong, pengajian di kaum ibu-ibu dan kalangan anak-anak juga masih diaktifkan.
“Kalau pengajian anak-anak biasanya dilakukan setiap sore di 7 mesjid sekelurahan ini. Sedangkan ibu-ibu sesuai dengan ketentuan RT yang berlaku ada yang sekali seminggu dan sekali sebulan,” kata Baheramsyah.
Ditambahkan Baheramsyah kalau kegiatan bapak-bapak yang paling menonjol adalah sarafal anam. Dimana kelompok sarafal anam dari Kelurahan Kandang selalu aktif mengikuti kegiatan di berbagai acara seperti MTQ, perayaan tabot, serta perayaan maulid nabi. Namun untuk kegiatan ronda malam sudah tidak aktif lagi. “Hanya ada beberapa RT yang masih mengaktifkan ronda malam, mungkin RT yang lain merasa lingkungannya aman sehingga tidak perlu adanya ronda malam,” papar Baheramsyah.
Untuk fasilitas kelurahan ini telah memiliki 1 SD dan 3 PAUD. Sedangkan untuk fasilitas kesehatan memiliki 1 puskesmas induk. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar