oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Senin, 08 November 2010

Hidup Sehat itu Mudah
// Gaya Hidup dan Pola Makan yang Teratur

RADAR BENGKULU – Anggapan sehat itu mahal atau susah, itu salah. Cukup dengan menjaga gaya hidup dan pola makan yang teratur maka kesehatan bisa didapatkan secara optimal.
Menurut dr. R.A. Yeni Warningsih sehat itu sebenarnya mudah. Gaya hidup sehat itu adalah dengan olah raga, sedangkan pola makan yang teratur itu adalah hidup dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. “untuk melengkapi protein di dalam tubuh tidak harus dengan danging, karena untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah protein tersebut bisa dilengkapi dengan tahu dan tempe, selain mengandung protein harganya murah dan terjangkau,” terang dr. Yeni kepada Radar Bengkulu, Jumat (5/11).
Dijelaskannya lagi, jenis penyakit itu ada dua macam. Yakni penyakit yang tidak menular dan penyakit yang menular. Untuk penyakit yang tidak menular itu diakibatkan oleh diri sendiri karena tidak menjaga gaya hidup dan pola makan yang teratur. Seperti, darah tinggi, jantung, anemia, diabetes dan sebagainya. Sedangkan untuk penyakit yang menular adalah penyakit yang diakibatkan karena bakteri, virus, jamur, dan parasif. Seperti, batuk pilek, TBC, tipes, diare dan lainnya.
“masih banyak masyarakat umum yang tidak tahu kalau sebenarnya penyakit yang tidak menular sangat berbahaya, dan bisa berujung kematian. Misalnya saja penyakit diabetes, orang banyak beranggapan kalau penyakit gula tersebut hanya penyakit orang kaya. Itu salah sekali, karena menurut pengalaman saya sebagai dokter disini yang mayoritas penduduknya adalah nelayan dan petani sudah banyak yang kena penyakit gula. Itu karena pola makan mereka yang tidak teratur, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Tanpa mengkonsumsi serat, ditambah pula gaya hidup atau olah raga yang tidak teratur,” jelasnya dengan panjang lebar.
Sebenarnya penyakit itu masih bisa dicegah, apalagi di jaman sekarang pengobatan di puskesmas itu sudah gratis. Cukup dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku di kelurahan masing-masing sudah bisa mendapatkan pelayanan. “saya rasa hidup sehat sekarang sangat gampang, kalau sudah ada KTP yang sah berobat dipuskesmas sekarang sudah gratis. Ditambah lagi setiap hari Jumat pagi di puskesmas ini ada senam jantung sehat yang bisa diikuti oleh semua warga,” tambahnya.
Pesan dokter yang sudah bertugas selama 3 tahun di Puskesmas Perawatan Beringin Raya ini, penyakit itu jangan dibuat sendiri. Caranya dengan merubah gaya hidup dan pola makan yang teratur. Yaitu dengan istirahat yang cukup, olah raga dan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. “sehat itu gampangkan?” ujarnya sambil tersenyum. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar