oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Minggu, 26 Desember 2010

Pembalut Wanita Bisa Picu Penyakit
// Jangan Biarkan Vagina Kering atau Lembab

RADAR BENGKULU – Waktu menstruasi pasti datang setiap bulan pada wanita dewasa yang tidak sedang mengandung. Biasanya sewaktu menstruasi, wanita kerap kali menggunakan pembalut. ‘’Namun, bagi wanita yang tidak hati-hati dalam penggunaan pembalut tersebut bisa menimbulkan penyakit. Seperti penyakit infeksi atau iritasi,’’ ujar dr. R. A Yeni Warningsih kepada Radar Bengkulu kemarin.
Kepala Puskesmas Beringin Raya Bengkulu ini mengatakan, penyakit infeksi tersebut bisa terjadi karena keadaan vagina yang terlalu kering atau sebaliknya terlalu lembab. Karena, dalam kondisi seperti itu vagina wanita tidak akan nyaman, yang bisa menyebabkan iritasi. “Makanya kita harus segera mengganti pembalut tersebut. Jangan sampai darah haid itu kering di pembalut atau malah kebanjiran sehingga menimbulkan kelembaban yang bisa menyebabkan penyakit,” kata Yeni.
Yeni menerangkan, seharusnya ketika mengalami masa menstruasi wanita seharusnya mengganti pembalut sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari. “Tapi itu tergantung dari volume haid tersebut. Volume haid tinggi biasanya hari pertama sampai ke hari ke tiga. Kalau sudah lewat, biasanya cukup sekali dalam sehari saja,” terang Yeni.
Karena daerah vagina merupakan daerah repoduksi, seharusnya wanita lebih menjaganya dari kebersihan. Karena dari iritasi tersebut bisa muncul penyakit infeksi yang bisa masuk kedalam rahim. “Infeksi tersebutkan karena virus. Kalau virusnya sudah masuk kedalam rahim hal itulah yang bisa mengakibatkan penyakit kanker. Jadi bukan pembalutnya yang disalahkan, tetapi pemakainya yang tidak bisa menggunakan pembalut tersebut,” papar Yeni. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar