oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Selasa, 28 Desember 2010

Faktor Keturunan Bisa Akibatkan Osteoporosis

RADAR BENGKULU – Penyakit osteoporosis atau yang lebih dikenal dengan penyakit keropos tulang rentan terjadi pada usia lanjut. Yaitu, pada usia 50 tahun ke atas. Penyakit tersebut juga bisa diakibatkan oleh faktor keturunan. Hal ini diungkapkan oleh Ka. Prodi D IV Keperawatan Medial Bedah (KMB) Poltekkes Bengkulu, Ns. Gusnilawati, S.Kep, M.Epid.
“Osteoporosis bisa menyerang penderita dengan karakteristik tulang tertentu. Seperti kesamaan perawakan dan bentuk tulang tubuh. Berarti dalam garis keluarga punya struktur genetik yang sama,” kata Gusnilawati kepada Radar Bengkulu, Senin (27/12).
Tidak hanya faktor keturanan bisa mengakibatkat osteoporosis, faktor usia juga sangat berpengaruh. Sebab, seiring bertambahnya usia seseorang, fungsi organ tubuh mengalami penurunan. “Karena disaat umur bertambah, penyerapan kalsium didalam tubuh menurun. Sedangkan fungsi hormon paratiroid meningkat,” jelasnya.
Dijelaskan juga, wanita rentan terkena osteoporosis. Malah, wanita lebih cepat dibandingkan pria. Yaitu berkisar umur 45 tahun. Karena, pada usia tersebut pengaruh hormon esterogen mulai menurun karena wanita biasanya telah mengalami menopause. “Sebenarnya ras atau suku juga bisa mengakibatkan osteoporosis, terutama suku ras putih. Sebab, secara umum tingkat konsumsi kalsium wanita asia rendah.”
Namun menurut ibu 2 anak ini, penyakit osteoporosis bisa dicegah dengan mengikuti gaya hidup yang sehat. Yaitu dengan menghindari konsumsi daging merah dan mengurangi minuman yang bersoda. Karena keduanya mengandung fosfor yang dapat merangsang pembentukan hormone parathyroid yang bisa menyebabkan pelepasan kalsium dari dalam darah.
“Serta mengurangi minuman yang beralkohol, karena minuman tersebut bisa menghambat proses pembentukan massa tulang. Juga harus menghindari merokok. Karena zat nikotin didalam rokok mempercepat penyerapan tulang,” paparnya.
Ditambahkannya, hidup yang sehat harus juga diikuti dengan olah raga yang teratur. Karena dengan banyak bergerak atau berolahraga maka otot akan memacu tulang untuk membentuk massa. “Kalau malas bergerak maka proses pembentukan tulang akan terhambat. Jadi, sebelum terlambat seharusnya kita lebih memperhatikan kesehatan,” pesan Gusnilawati. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar