oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Selasa, 14 Desember 2010

Meningkat, Penderita Malaria di Bengkulu


RADAR BENGKULU –Penderita malaria pada tahun ini di Kota Bengkulu mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, yaitu dari 46 kasus menjadi 64 kasus. Ini adalah berdasarkan data yang didapat Radar Bengkulu dari Dinas Kesehatan Kota Bengkulu. “Biasanya malaria yang diderita masyarakat Bengkulu yaitu jenis malaria Vivax dan Falsivarum,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, drg, H. Mixon Syahbuddin melalui Kabid PLPP, Karimmel Sinambela, SKM.
Penyebab dari penyakit tersebut berawal dari gigitan nyamuk malaria atau yang sering disebut dengan anopheles. Penyakit ini ditularkan melalui air liur atau parasit yang dinamakan dengan plasmodium. “Satu gigitan nyamuk anopheles pada seseorang, maka orang tersebut akan terkena malaria,” jelas Karimmel.
Proses gigitan nyamuk anopheles tersebut butuh proses agar seseorang tersebut positif mengidap penyakit malaria. Jadi, jika seseorang menggigil di pagi hari jangan langsung di tes darahnya. Sebab parasit tersebut belum berkembang ke sel-sel darah. “Kalau langsung dites pasti hasilnya negative. Karena untuk parasit tersebut akan berkembang sekitar 12 hari setelah gigitan nyamuk anopheles,” paparnya.
Penyakit malaria ini, lanjutnya, bisa dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk anopheles. Untuk menghindari nyamuk tersebut harus mengikuti hidup sehat. Yakni dengan menghindari genangan-genangan air di sekitar lingkungan hidup, atau ketika tidur harus memakai anti nyamuk. “Kalau bisa juga disekitar rumah jangan ada kandang ternak, dan jangan biasakan keluar malam. Karena udara malam tidak bagus untuk kesehatan,” ujar Karimmel.
Apabila seseorang tersebut sudah positif terkena penyakit malaria, maka sewaktu-waktu penyakit tersebut bisa kambuh karena ada faktor lain. Seperti dengan mengkonsusi yang mengandung asam. “Ada orang yang cukup makan buah nanas malarianya kambuh. Ini disebabkan karena parasit dalam tubuhnya tadi belum mati dan berkembang kembali setelah seseorang tersebut makan yang mengandung asam,” tambahnya.
Dijelaskan Karimmel, saat ini telah ada obat untuk penyembuhan penyakit malaria, yaitu obat ACT. “Namun obat tersebut tidak diperjualkan lagi di apotek-apotek. Obat ini hanya bisa didapatkan di rumah sakit atau puskesmas saja,” papar Karimmel. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar