oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Rabu, 08 Desember 2010

Diabetes Bisa Dihindari

RADAR BENGKULU – Banyak orang yang beranggapan bahwa pengidap penyakit diabetes hanya orang tua. Pada kenyataannya tidak hanya mereka yang orang tua, melainkan remaja juga bisa terkena penyakit tersebut. Sebenarnya diabetes bisa dihindari dengan pola makan yang benar. Kecuali faktor keturunan. Hal ini disampaikan oleh ketua jurusan gizi Poltekkes Bengkulu Tonny C. Maigoda, SKM, MA. “Remaja juga ada yang menderita diabetes, tapi biasanya remaja tersebut disebabkan oleh faktor keturunan,” kata Tonny kepada Radar Bengkulu, Selasa (7/12).
Ditambahkan Tony bahwa penyebab diabetes tersebut karena tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal. “Ada 2 tipe jenis diabetes yaitu mellitus tipe 1 dan mellitus tipe 2. Biasanya orang yang cenderung kena diabetes yang diturunkan secara genetik oleh keluarga disebut mellitus tipe 2,” tambah Tony.
Tony menjelaskan bahwa penyebab diabetes merupakan dari kebiasaan pola hidup seseorang. Misalnya dalam tubuh tersebut harus ada pembatasan kalori, yaitu dengan memperhatikan pola makan yang sehat. Sehingga antara kalori yang masuk kedalam tubuh harus seimbang dengan energi yang keluar. Contoh kecil dengan minum teh manis yang menghasilkan 1.000 sampai 1.200 kalori, belum ditambah lagi makan nasi 3 kali dalam sehari beserta lauk pauknya. “Kalau pola hidup tersebut tanpa ada olah raga maka bisa mengakibatkan diabetes,” kata Tony.
Menurut Tony gejala-gejala orang yang menderita penyakit diabetes adalah sering pusing dan mual, gampang haus dan banyak minum, mudah lelah dan sering mengantuk, mudah lapar dan banyak makan, sering kesemutan baik tangan maupun kaki, serta sering kencing.
“Kencing itu biasanya sering pada malam hari, 5 sampai 10 kali dalam semalam,” jelas Tony.
Karena penyakit diabetes tidak memandang jenis umur, Tony mengharapkan untuk masyarakat baik anak-anak, remaja maupun orang tua agar selalu memperhatikan asupan gizi yang seimbang serta pola hidup yang sehat. “Karena hal yang pertama yang bisa menyembuhkan penyakit itu adalah diri sendiri,” papar Tony. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar