oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Kamis, 30 Desember 2010

Harga Besi Naik Dua Kali
RADAR BENGKULU – Jangan kaget jika tiba-tiba harga besi yang Anda pesan mengalami kenaikan. Karena sejak awal bulan hingga kemarin, harga besi sudah dua kali mengalami kenaikan.
Karyawan Toko Besi Bintang Mas, Herdy mengungkapkan, tadi (kemarin) dirinya mendapat SMS dari pabrik besi bahwa terjadi kenaikan harga. "Sebelumnya juga ada kenaikan, kalau tidak salah sekitar seminggu yang lalu,” kata Herdy kepada Radar Bengkulu, Rabu (29/12).
Ditambahkan Herdy selama bulan ini jumlah pembeli besi mengalami penurunan. Namun Herdy tidak bisa memberikan komentar faktor penyebabnya. Apakah diakibatkan kenaikan harga atau memang masyarakat lebih mengutamakan kepentingan pribadi, diantaranya merayakan tahun baru.
“Tidak tahu pasti, mungkin karena menjelang tahun baru ini, orang lebih mengutamakan hiburan daripada membangun,” tambah Herdy.
Kenaikan harga besi dinilai Herdy tidak begitu drastis, karena setiap ada perintah dari pabrik besi. “Sekalipun ada kenaikan harga, paling hanya naik sekitar Rp 100 saja,” jelas Herdy.
Diterangkan Herdy yang menjaga toko besi di Jl. Salak No. 109 Lingkar Timur ini, kenaikan harga besi cukup bervariasi. Sesuai besaran dan kualitasnya. Karena jenis besi yang dijual ditoko ini ada yang bermerek KSI dan juga langsung buatan pabrik.
“Selera orang kan berbeda-beda, ada yang lebih suka bermerk atau langsung buatan pabrik,” ujar Herdy.
Untuk besi beton dijual Rp 13 ribu - 138 ribu per batang. Sesuai dengan ukuran besar besinya, ukuran yang paling kecil yaitu besi beton 6 hingga besi beton 16. Sedangkan besi beton merk KSI harganya mulai dari Rp 25 ribu per batang hingga Rp 110 ribu per batang.
“Kalau masalah ukuran, kedua besi tersebut sama,” tambah Herdy.
Sedangkan besi untuk siku-siku yang berukuran 4 meter harganya Rp 40 ribu per batang, yang 5 meter Rp 60 ribu per batang. Sementara itu, untuk pipa besi harga yang juga berbeda sesuai dengan ketebalannya. Untuk yang 0,8 inch kita jual seharga Rp 195 ribu per keping, ukuran 1,5 inch Rp 370 ribu per keping dan 3 inch Rp 600 ribu per keping.
Untuk pipa biasa harganya jauh lebih murah yaitu, mulai dari Rp 65 ribu - 140 ribu per batang. “Harganya disesuaikan dengan besaran/ukuran inchnya, tapi kalau dibandingkan pipa biasa warna hitam lebih murah dibandingkan pipa warna putih, yaitu harganya mulai Rp 65 ribu sampai Rp 170 ribu per batang” papar Herdy. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar