oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Senin, 13 Desember 2010

Datang Bulan
Tak Perlu Sakit

/Penderita Dismenerrohea
Bisa Sampai Pingsan

RADAR BENGKULU – Pada saat menstruasi wanita kadang mengalami gangguan yaitu berupa rasa nyeri yang amat sangat yang disebut dengan istilah dismenerrohea. Penderita dismenerrohea bisa menyebabkan pingsan atau mengganggu aktivitas lainnya.
“Namun tidak semuanya wanita mengalami gangguan dismenerrohea, ada wanita saat menstruasi tidak megalami rasa nyeri,” kata dosen Akademi Kesehatan, Sapta Bakti, Rita Doveriyanti, SST kepada Radar Bengkulu.
Dijelaskan Rita menstruasi pada wanita merupakan suatu proses yang normal yaitu proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar dan sel-sel yang tidak terpakai karena tidak adanya pembuahan atau kehamilan. Namun sebagian wanita mengalami dismenerrohea, yang gejalanya ditandai rasa mual, sakit kepala, nyeri punggung dan pusing. “Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh kontraksi otot dinding rahim, serta lapisan rahim paling dalam mengelupas sehingga menimbulkan luka,” tambah Rita.
Ditambahkan Rita saat ini telah banyak ditemukan obat untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, perlu waktu juga untuk penyembuhannya.
“Di warung-warung sudah bisa dibeli obat Feminak, Kiranti. Tapi biasanya juga rasa nyeri tersebut bisa sembuh tanpa diobati, yaitu menahan sakit hingga beberapa hari,” jelas Rita.
Namun menurut Rita bagi wanita yang sering menderita dismenerrohea tidak perlu cemas atau takut akan mempengaruhi kesuburan rahimnya. “Banyak orang yang beranggapan wanita yang menderita dismenerrohea akan susah mendapatkan anak. Sebenarnya itu tidak pengaruh. Rasa nyeri yang dialami saat haid itu hanya merupakan proses menstruasi,” papar Rita. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar