oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Minggu, 26 Desember 2010

Lingkungan Tak Bersih Bisa Akibatkan Disentri

RADAR BENGKULU – Penyakit disentri sering kali terjadi pada masyarakat. Penyakit ini merupakan peradangan usus besar yang bisa diakibatkan oleh lingkungan yang tidak bersih. Meliputi kebersihan diri sendiri, maupun kebersihan makanan yang dikonsumsi setiap hari.
“Kadang kita sudah merasa diri kita sudah bersih, tapi masih bisa kena disentri. Mungkin itu disebabkan faktor makanan. Karena makanan yang kita beli atau didapat diluar rumah kebesihannya belum terjamin,” terang dr. R.A Yeni Warningsih kepada Radar Bengkulu, Jumat (17/12).
Dijelaskan Yeni yang juga Kepala Puskesmas Beringin Raya, gejala-gejala yang timbul dari penyakit disentri ini berupa buang air besar secara terus-menerus yang disertai dengan lendir, nanah dan darah. Kalau sudah mengalami gejala-gejala tersebut, hendaknya penderita tersebut segera mengobatinya. “Tapi banyak orang yang beranggapan penyembuhannya dengan oralit saja, sebenarnya itu tidak cukup. Karena penyakit disentri ini lebih bahaya dari diare. Kalau cuma buang air besar yang terus-menerus tanpa disertai lendir atau darah memang bisa diobati dengan oralit saja,” jelas Yeni.
dr. Yeni mengatakan, berdasarkan penyebabnya disentri dibagi menjadi dua. Yaitu disentri amuba dan disentri basiler. Dimana disentri amuba disebabkan oleh infeksi parasit entamoeba histolytica. Sedangkan disentri baselir disebabkan oleh infeksi bakteri shigella. Dari bakteri tersebut dapat tersebar dan menular melalui makanan dan air melalui hewan, yaitu lalat.
Setelah bakteri masuk ke dalam organ pencernaan, bisa mengakibatkan pembengkakan. Sehingga menimbulkan luka dan peradangan pada dinding usus besar. “Hal tersebutlah yang menyebabkan penderita disentri mengalami mencret dan perut mulas. Bahkan penderita tersebut sering merasakan perih di anus akibat terlalu sering buang air,” papar Yeni. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar