oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Selasa, 28 Desember 2010

Diet Bisa Menimbulkan Penyakit

RADAR BENGKULU – Adanya sikap seseorang yang cenderung untuk melakukan diet karena kurang percaya diri terhadap penampilannya sering kali menimbulkan masalah lain. Karena program diet tubuh yang tidak konsisten bisa menimbulkan penyakit. Ini diungkapkan Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Bengkulu, Tony C. Maigoda, SKM, MA .
“Kebanyakan mereka yang diet sering mengurangi porsi makanan yang bergizi, sementara tubuh manusia sangat membutuhkan protein dan vitamin. Mungkin karena telah terbiasa mengkonsumsi tersebut, secara tiba-tiba dihentikan tidak akan menutup kemungkinan orang tersebut akan mengalami sakit maag,” kata Tony kepada Radar Bengkulu, Selasa (28/12).
Dijelaskan Tony, hendaknya orang yang mau melakukan diet harus berkonsultasi dengan pihak kesehatan. Sebab, dengan adanya bantuan dari pihak tersebut bisa mengurangi masalah. Seperti penyakit. “Misalnya konsultasi dengan ahli gizi. Karena, petugas tersebut akan menerangkan berapa standar ukuran kalori yang benar yang dibutuhkan oleh tubuh,” tambah Tony.
Namun kebanyakan masyarakat tidak sadar begitu pentingnya berkonsultasi dengan petugas kesehatan sebelum melakukan diet. Akibatnya, orang itu sendiri yang mengalami kerugian. “Karena kalau kita sendiri tidak akan tahu ukuran karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dan mereka yang diet akan menyiksa diri sendiri. Sementara kita manusia butuh makan yang bergizi dan seimbang,” jelas Tony.
Untuk menghindari kelebihan berat badan seharusnya terlebih dahulu memperhatikan gaya hidup sehat. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang serta diikuti dengan gaya hidup sehat. Seperti olah raga yang teratur. “Kalau kita memperhatikan pola gaya hidup sehat berarati kita akan terhindar dari kelebihan berat badan, dan tidak perlu lagi kita melakukan diet. Tapi kadang-kadang ada orang yang porsi makannya kuat, tapi jarang melakukan olah raga. Ketika lemak sudah menumpuk, maka orang tersebut akan berniat untuk melakukan diet,” ujar Tony. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar