oke deh

Gayus Akui Terima $3,5 Juta dari Alif Kuncoro Pengacara KPC, Aji Wijaya, "Itu kan hanya pengakuan Gayus. Dalam hukum berlaku prinsip siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan." BERITA TERKAIT Gayus Tambunan Berharap Bebas Gayus Tambunan Menyesal 'Salah Jalan'

Minggu, 12 Desember 2010

Kebersihan Vagina Bisa Sebabkan Keputihan

RADAR BENGKULU – Keputihan bisa menyerang wanita, baik yang masih anak-anak maupun orang tua. Karena itu, keputihan yang dialami oleh wanita menjadi permasalahan yang serius. Keputihan ini bisa terjadi karena disebabkan oleh diri sendiri, yaitu bisa dari kebersihan vagina. Karena, kalau vagina tersebut bersih dari jamur dan bakteri maka keputihan tidak akan terjadi. “Selain itu juga, pola makan bisa membuat keputihan. Seperti makan buah nanas yang berlebihan,” kata Ketua Prodi Kebidanan Sapta Bakti Bengkulu, Hj. Puti Hajar, SST, S.Ikom kepada Radar Bengkulu kemarin.
Dijelaskan Puti, keputihan merupakan keluarnya cairan berlebihan dari vagina. Keputihan itu terbagi dua. Yaitu, keputihan yang tergolong masih normal, yaitu biasa dialami wanita menjelang menstruasi. “Biasanya wanita menjelang menstruasi akan mengalami keputihan, ini dikatakan normal asalkan tidak melewati batas, yaitu sampai basah kuyup,” kata Puti.
Namun keputihan yang membahayakan adalah keputihan yang patologik. Yaitu keputihan yang sudah melewati batas. Seperti cairan yang dikeluarkan menimbulkan rasa gatal, mengeluarkan aroma bau, warna yang dikeluarkan bisa berwarna putih atau kekuning-kuningan, serta mengalami nyeri dibagian vagina. “Keputihan tersebut disebabkan oleh jamur, bakteri maupun virus. Apabila keputihan seperti itu tidak cepat diatasi maka akan timbul penyakit infeksi. Seperti kanker rahim.”
Bagaimana cara mengatasinya? Ada cara untuk menghindari keputihan ini. Yaitu, dengan menjaga kebersihan diri serta mengatur pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. “Kalau sudah mulai keputihan sebenarnya masih bisa dicegah, yaitu dengan membersihkannya dengan daun sirih. Pokoknya jangan sampai keputihan tersebut dibiarkan berlarut-larut,” pesan Puti. (cw14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar